Selasa, 23 September 2008

Perukaran Pelajar


Tanggal 28 Juni yang lalu saya dan beberapa pelajar dari Bukittinggi Sumatra Barat melakukan pertukaran pelajar ke Kota Seremban Negri Sembilan Malaysia. Pertukaran pelajar ini sudah berlansung salama 15 tahun dan semakin mempererat tali persaudaraan antara Bukittinggi dan Seremban.




Selama di Seremban saya sangat takjub karna banyak sekali persamaan yang saya temukan antara kota Bukittinggi dengan kota Seremban. Salah satunya adalah bentuk rumah adat, nyanyian dan tarian kami pun sama. Hal ini disebabkan karena zaman dahulu nya banyak orang Minang yang pergi merantau ke Negeri Sembilan Malaysia. Mereka banyak yang berdagang nasi atau pakaian. Tak sedikit dari mereka yang menikah dengan warga Seremban. Mereka akhirnya memiliki keturunan dan tetap tinggal di Negeri Sembilan bahkan mereka akhirnya menjadi Warga Negara Malaysia karena lamanya menetap di Malaysia. Menyadari hal tersebut makanya pemerintah Bukittinggi mencanangkan kota kembar BUkittinggi-Seremban hingga saat ini.


Persaudaraan ini masih belansung. Sampai hari inipun warga Bukitinggi banyak yang menetap di Malaysia khususnya di Kota Seremban.


Pengalaman tinggal di rumah orang tua angkat ini tak akan pernah dapat dilupakan oleh pelajar Bukittinggi.

Dan ketika hari perpisahanpun tiba tak sedikit dari mereka yang menangis karena enatah kapan mereka akan bertemu lagi dengan orang tua angkat mereka.

Terima kasih untuk semuanya. Semoga persaudaraan ini tetap berlansung antara BUkittinggi Seremban, antara Indonesia dan Malaysia

Tidak ada komentar: