Kamis, 19 Februari 2009

Penempatan CPNS



Setelah menjalani orientasi CPNS selama 4 hari ( rupanya CPNS ada orientasi juga ya ) yang melelahkan ..( Gimana gak melelahkan.....acaranya baris berbaris, pembekalan materia dan gerak jalan ) Akhirnya di umukan juga penempatan CPNS.

Semua CPNS pasti dong dag dig dug menunggu pengumuman penempatan, karna sebagian besar hidupnya akan di habiskan di daerah itu. Saya sih gak bisa prediksikan di mana akan di tempatkan mengingat kabupaten Tanah datar tempat saya akan mengabdi sangat luas. O ya Kaupaten Tanah Datar ini udah di luarBukittinggi lho.. so selama orientasi 4 hari ini saya selalu pulang pergi dari Bukittingggi - Batusangkar ( ibu kota Tanah Datar )setiap hari. Berangkat jam 6 pagi dan sampai rumah lagi jam 6 sore. Beruntung suami dengan suka rela cuti selama 1 minggu karna harus mengantar dan menjemput istri tercintanya hheheheheh. Awalnya aku blom mau mencari rumah di Batu sangkar, menungu penempatan dulu..

Dan Akhirnya ketika pegumuman itu tiba, dan ketika nama di sebutkan oleh kepala BKD tanah Datar : EVA YANTI SS< GURU BAHASA INGGRIS ...... DITEMPATKAN DI SMP I ATAP MALALO.....
Terus terang saya sampai tak ada reaksi karnaa gak tahu daerah itu dimana..... akhirnya ada teman yang menepuk saya dan mengatakan...." Sabar Uni...kita harus siap di tempatkan dimanapun......"
" malalo itu dimana? " saya ingin tahu
" di pinggir danau Singkarak.....masuk kedalam..."
Ya ampun sejauh itu??

Ya Tuhan..... daerah dimana saa di tempatkan saja saya gak tahu namanya...karna baru kali ini mendengarnya...
Walaupun hati ini ikhlas tapi ada perasaan sedih.... apalagi sewaktu kawan itu melanjutkan ceritanya ketika saya menanyakan jaringan internet. Jangankan internet, jaringan telpon pun susah di situ....

Wua.... Walaupun awalnya aku ihklas..tapi bisa bayangkan kan gimana perasaan ku?

Segera saya meng SMS suami tentang informasi ini.
Kebetulan suami yang berada di luar ruangan luar ikut mendengarkan pengumuman itu membals SMS ,suamiku menulis : Adek jangan sedih ya, kita jalani aja dulu. Mungkin ada hikmahnya, sabar aja dulu ya. I love U

Dada ini rasanya sesak....ingin menangis..antara gak percaya di tempatkan di daerah itu dan perasaan haru karna suami yang ikhlas. Hidup kami akan di habiskan di desa Malalo....

Dengan menahan tangis, saya keluar ruangan, suami sudah menyambut dengan senyum khas nya dan mencoba menghibur saya.

Malamnya saya mencoba menghubungi Nenek dan memberi tahu tentang penempatan ini,dan reaksi beliau pon sama, kebetulan Nenek saya berasal dari Tanah Datar, beliau tahu kondisi daerah tempat saya akan di tugaskan....

kabar yang saya dengar, daerahnya itu cukup jauh dari jalan raya, pasar hanya 1 kali dalam 1 minggu.jauh dari Bukittinggi, jauh dari Batusangkar, Jauh dari SOlok dan Padang panjang.....transportasi umum yang masuk ke sana hanya 1 kali sehari..... Ya Allah separah itu kah?

Mungkin betul yang di bilang suami ada hikmahnya. Sewaktu lulus ujian CPNS, Alhamdulillah nilai saya adalah nilai tertinggi dari semua formasi yang di terima. Mungkin karna pertimbangan itu Bupati menempatkan saya di daerah sangat terisolir untuk mendidik siswa dan siswi agar mereka gak ketinggalan lagi.

Apapun yang saya rasakan dan lakukan gak akan merubah keputusan. SK sudah di tanda tangani dan sudah di keluarkan.
Saya sadar, Sebagai guru kita memang harus komit di tempatkan di mana pun., mulai hari ini saya harus mencintai daerah itu dan mencintai siswa-siswa di tempat baru nanti....
Saya bertekad harus lakukan yag terbaik semampu saya...

4 komentar:

Yolla Elwyn mengatakan...

uni sabar yaa..InsyaAllah Pahalanya nggak akan pernah putus..Amin..
Mudah2an nanti daerah yg tertinggal itu bisa maju & nanti murid2nya bakalan berterimakasih ma uni yang udah ngajarin mereka..*peluk peluk* :)

Syahinsyafi mengatakan...

Assalamualaikum Va...

Apa yang harus dikatakan ya? Kata orang Melayu "berat mata memandang, berat lagi bahu yang memikul". Tapi segalanya pasti ada hikmah. Semoga dengan kehadiran Eva di sana mampu merubah sesuatu yang tidak dapat dibayangkan oleh murid-murid di sana. Insya Allah.

Semoga Va tabah menghadapi semua ini. Segala dugaan dan kesusahan itu, akan mendatangkan pahala yang amat besar daripada Allah S.W.T. Insya Allah dengan keikhlasan Va mendidik anak-anak nanti, hanya Allah yang mampu memberi ganjarannya.

Salam sayang,

Kak Nini, Malaysia

Mama Jasmine mengatakan...

selamat bertugas ya sahabat, semoga ilmu2 yang kau ajarkan ke anak didikmu dapat membawa mereka menujuk puncak keberhasilan. Amiennnn

Ruziana mengatakan...

beruntung siswa di sana yang punya guru baru seperti uni,smart dan melek informasi teknologi.moga nti anak2 disana bisa ikutan pintar dan tau informasi teknologi..amin