Sabtu, 21 Februari 2009

Perjalanan ke Malalo

SEtelah 2 hari beristirahat...saya bersama suai dan seorang teman yang mengajak istri dan anaknya berangkat menuju Malalo , ke sekolah tempat saya akan mengajar. Bener-benar perjalanan yang sungguh mengenaskan....

Kami berangkat dari Bukittinggi pukol 8.30 pagi menuju padang panjang....dari padang panjang menuju Danau singkarak....kami semua gak tahu lho..Desa malalo tu ada di mana...

Setelah tanya sana-sini, akhirnya kami menemukan jalan kecil yang masuk ke dalam dari Jalan Raya Padang panjang - Solok...
Wah lega akhirnya kami menemukan....Tapi rupanya salah lho...

Setelah menyusuri jalan sempit itu dengan mobil selama 1 jam. Kebayang gak..jalannya kecillll di sebelah kiri adalah pinggiran Danau.... kanan hutan..
..kami masih belum menemukan sekolah yang di maksud..bahkan kami belum menemukan Desa Malalo...

Wuih...
Setelah bertanya pada penduduk yang kami temukan di jalan..dia mengatakan kalau Desa malalo masih jauh banget......

Saya sabarkan hari...mana pinggan sudah sakit karna lama duduk ..jalan berliku...duuuh...akhirnya kami menemukan tulisan SMP 1 ATAP MALALO.... Lega...
Tapi kok gak keliatan sekolah?

Kami bertanya lagi pada penduduk... Menanyakan keberadaan sekolah
Mereka menunjukkan jalan kecil.....mereka bilang sekolahnya ada di belakang ladang.....
Saya coba telusuri dengan berjalan kaki menuju sekolah itu...masuk ladang orang..lalu ada jematana kecil dari kayu yang hampir rapuh....baru deh sampai di sekolah...

Tapi kok sekolahnya sepi? Saya mencoba mencari KEPSEK... Tapi gak ketemu.....yang ada hanya Wakil kepala Sekolah...masih muda....heheheh

Setelah saya memperkenal kan diri....mereka senang karan ada guru baru PNS yang akan mengajar di sana..
Rupanya itu adalah sekolah yang hiks.... sangat menyedihkan...
Muridnya total semua hanya 52 orang.... siswa kelas 1, 16 orang, kelas 2, 25 orang dan siswa kelas tiga hanya 11 orang..

Konon 2 tahun yang lalu muridnya hanya 5 orang..terpaksalah guru mevaei murid 1 orang lagi untuk menggenapkan 6 orang.syarat untuk berdiri sekolah kan murid minimal 6 orang....
DUUUUH ..... Serasa memabaca Laskar pelangi....yang sekolahnya nun jauh di pedalaman....Saya penggemar Laskar pelangi lho... malah suka cerita sama murid-murid saya di sekolah lama..tapi sekarang saya yang mengalami..

2 komentar:

Mama Jasmine mengatakan...

suabarrrr, itu adalah pengabdian terbesar seorang guru

Ali Masjono mengatakan...

boleh juga tuh perjalanan anda ke Malalo, saya tawarkan sebuah link ke htto://lamalalo.blogspot.com atau http://www.malalo.co.cc gratis, demikian sebaliknya, okay,