Minggu, 19 Oktober 2014

Laparoskopi

Setelah lebih 10 tahun menikah dan arel pun sudah berumur 5 tahun, saya pun berfikir untuk memulai lagi program hamil. Tahun lalu udah dimulai dengan HSG di RS BMC Padang. HSG nya sakit banget dan hasilnya tuba kiri non patent atau tersumbat. Itu salah satu penyebab saya susah untuk hamil.

Tanggal 28 september 2014 saya dan suami berangkat ke pekanbaru untuk menemui dokter Suryo Bawono. Saya sudah lama membaca artikel tentang dokter Suryo ini baik dari internet maupun dari FP beliau. Tanggal 29 siang saat konsul dengan dengan dokter suryo, beliau lansung menyarankan untuk Laparoskopi karna dari usg transvaginal udah ketahuan kedua tubaku ada masalah dan ada perlengketan. Dan beliau menyarankan untuk laparoskopinya malam itu jug?. Waaah.. lansung LO tanpa persiapan ? Si dokter mengatakan semakin cepat semakin baik. Apalagi waktu itu hari jumat, siapa tau dapat barokah jumat kata dokt suryo. Apalagi dari usg keliatan tuba kiri udah agak parah.

Setelah dari dokter suryo saya ingin mencari second opinion. Kebetulan saya mempunya teman di pekanbaru. Seorang Dokter juga dan kebetulan suaminya adalah SPOG juga. Lansung kami janjian dan konsul. Alhamdulilah suami teman saya yaitu Dr. Ihsan Suheimi sangat ramah dan komunikatif. Melihat usia saya yang udah gak muda lagi, beliau menyarankan untuk bayi tabung. Saya pun setuju. Dari hasil pemeriksaan Dr Ihsan Suheimi pun saya diharuskan untuk laparoskopi.. waaah ternyataa beneran nih ada masalah berat di tuba.

Malam harinya tanpa pikir panjang saya memutuskan untuk dilakukan Laparoskopi. Saya bener bener udah pasrah kalau seandainya tuba saya harus diangkat karna adanya penyumbatan. Karna untuk bayi tabung gak msalah tuba diangkat. Saya bener bener pasrah malam itu. Sebelum laparoskopi dilakukan , saya menelfon beberapa keluarga untuk memberitahu rencana operasi ini dan meminta doa supaya laparoskopi brjalan lancar.

Pukul 10 malam saya, suami dan arel berangkat ke RS santa maria karna dokter Suryo melaksanakan laparoskopi di RS itu. Mulailah saya melakukan serangkaian pemeriksaan. Mulai check darah.. check jantung, check dada dll. Ada perasaan takut dan saya rasanya ingin membatalkan laparoskopi. Tapi suami selalu mensupport dan memberi semangat supaya saya tetap tenang. Pukul 11 saya berganti pakaian dan didorong menuju ruangan operasi. Jangan ditanya bagaimana rasanya masuk ruangan operasi. Saya diajak ngobrol oleh para dokter yang berjumlah 6 orang dan saya gak tau apa apa lagi.

Saya terbangun.. tapi badan gak bisa digerakkan. Saya memanggil arel..rasanya susah banget untuk memanggil arel. Dan ternyata suami saya ada didekat saya.. ada arel juga yang lagi tidur di kasur sebelah saya. Saya masih blom tau apa apa. Gak ingat apa apa. Suami berkata " Alhamdulillah, laparoskopi mami udah selesai, ada miom kecil udah diangkat dan tuba mami gak dibuang. Semuanya udah diperbaiki". Waah ternyata saya baru sadar dari pengaruh bius setelah laparoskopi. Alhamdulillahnya Allah.. tuba saya masih bisa diselamatkan.

Pemulihan setelah laparoskopi itu ternyata gak lama. Alhamdulillah gak ada perasaan sakit atau ngilu. Pada hari ke 3 perban udah bisa dibuka. O iya siangnya setelah laparoskopi saya sudah bisa jalan pelan pelan sendiri ke kamar mandi. Alhamdulillah semoga program saya setelah ini brhasil. Amin ya rabbil alamin.

Sebelum pulang ke Bukittinggi, saya konsul lagidengan dokter Suryo. Alhamdulillah hasil hasil usg terlihat rahim saya sudah bersih.. gak ada miom dan gak ada lagi perlengketan. Pulang dibekali obat dan vitamin yang banyak banget. Ada habbatusaudah 7 botol dan beberapa vitamin penyubur

Tidak ada komentar: