Jumat, 19 Desember 2014

Mengkonsumi Rumput Kebar

Setelah sebulan beristirahat setelah keguguran bulan lalu, aku mulai browsing lagi untuk mencoba metode baru untuk program hamil. Bulan Desember ini aku mencoba menerapkan hidup sehat, bangun dan tidur dengan teratur, mengkonsumsi makanan buah dan sayur. Selain mengkonsumi sari kurma madu aku juga mencoba mengkonsumsi Rumput Kebar. Rumput kebar banyak dijual di onlineshop. Apa salahnya untuk mencoba. Mulailah aku hunting mencari online shop yang bisa dipercaya menjual rumput kebar asli.

Rumput kebar di Indonesia banyak terdapat di daerah Distrik Kebar Manokwari Propinsi Papua Barat. Nama lokal dari rumput ini adalah “banondit” yang artinya banyak anak. Menurut pengalaman orang Papua terutama para ibu-ibu, rumput kebar yang diolah menjadi simplisia kemudian digodok dan airnya diminum dapat digunakan sebagai penyubur kandungan dan ini sudah dipraktikkan cukup lama.

Manfaat rumput kebar Rumput kebar banyak manfaatnya, yaitu sebagai obat kumur, sariawan, penawar racun bekas gigitan ular dan obat cuci perut untuk anak-anak, meningkatkan stamina, mengatasi demam, nyeri pada tulang, dan malaria. Terkait kesuburan, rumput kebar dapat menormalkan siklus haid dari 14 hari menjadi 28-30 hari; selain itu rumput kebar dapat meningkatkan perkembangan folikel karena mengandung saponin yang merupakan bahan dasar untuk sintesis hormon steroid yang dapat memperbaiki kinerja sistem reproduksi.

Vitamin E banyak mengandung Vitamin E juga berfungsi untuk mencegah keguguran, menjaga kesehatan dinding rahim, plasenta, meningkatkan kemampuan sperma membuahi sel telur dan berperan dalam pembentukan hormon testosteron; Menurut hasil penelitian, di dalam rumput kebar juga terdapat vitamin B6, B12, asam folat, dan vitamin C (Vitamin B12 bermanfaat sebagai penambah dan peningkat kualitas sperma; dan vitamin B6 peningkat kesuburan wanita.)
Vitamin A yang terdapat dalam rumput kebar memiliki peran dalam pembentukan sel telur serta melindunginya dari serangan radikal bebas yang juga merupakan sumber antioksidan.

Alhamdulillah akhirnya aku menemukan OS yang menjual rumput kebar. Aku mulai menngkonsumsi rumput kebar sejak haid mulai bersih sampai selesai masa subur.

CARA PAKAI
Ambil 15 batang rumput kebar, masukkan dalam teko besar, tuangkan airpanas yang baru mendidih sebanyak 1 liter, tutup rapat setelah dingin saring dan siap untuk dihidangkan.
Untuk hasil maksimal, rebus sampai mendidih, lalu disaring dan siap dihidangkan. Perebusan bisa dilakukan berulang-ulang sampai warna air bening dan tidak berwarna.
Dapat diminum 3x sehari yaitu pagi, siang dan sore.
Dosisnya satu gelas setiap minum.
Istimewanya air rumput kebar ini dapat dicampur dengan gula pasir untuk menghilangkan rasa sepat atau bisa dengan Madu (dianjurkan pakai Madu)